Lompat ke isi utama

Berita

JELANG PENETAPAN DPT PILKADA 2024, BAWASLU BATENG SINKRONISASIKAN DATA PEMILIH HASIL PENGAWASAN

Rapat persiapan pengawasan pleno DPT

Rapat persiapan pengawasan Pleno penetapan DPT (18/09/2024) di Ruang Rapat Bawaslu Bateng

BAWASLU-BATENG, Menjelang pelaksanaan Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bateng lakukan rapat persiapan pengawasan bersama Panwaslu Kecamatan se-Bateng untuk mengawal hak pilih masyarakat pada Rabu (18/09/2024) di Ruang Rapat Bawaslu Bateng. Rapat persiapan pengawasan Pleno penetapan DPT ini dilakukan agar saran perbaikan yang disampaikan oleh Panwaslu Kecamatan terhadap pemilih yang memenuhi syarat dan pemilih yang tidak memenuhi syarat dapat terakomodir di Pleno penetapan DPT nanti.

Anggota Bawaslu Bateng, Muhammad Tamimi menyampaikan bahwa saran perbaikan terhadap pemilih yang memenuhi syarat harus dikawal agar bisa dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap nantinya. "Saran perbaikan terhadap masyarakat yang telah disampaikan untuk dimasukkan sebagai pemilih akan kita kawal agar hak memilih mereka tetap terjaga," ujarnya.

Tamimi menyampaikan bahwa salah satu fokus pengawasan adalah memastikan pemilih dalam satu keluarga harus berada di TPS yang sama. "Objek pengawasan kita juga memastikan bahwa pemilih dalam satu Kartu Keluarga (KK) haruslah mencoblos di TPS yang sama," tuturnya.

Kemudian Tamimi berharap hasil sinkronisasi data pemilih yang dipegang Panwaslu Kecamatan menjadi acuan Bawaslu Bateng untuk kemudian menyampaikan saran perbaikan bilamana terdapat perbedaan data dengan KPU Bateng. "Mudah-mudahan Pleno penetapan DPT nanti berjalan lancar dan Bawaslu Bateng bisa menyampaikan saran perbaikan jika terdapat perbedaan data dengan KPU Bateng," imbuhnya.

Penulis dan Foto: Riduwan

Editor: Muhammad Tamimi