Lompat ke isi utama

Berita

GELAR RAKERNIS, BAWASLU BATENG TINGKATKAN TATA KELOLA KEARSIPAN DAN TATA NASKAH DINAS

(Penyampaian materi oleh Arsiparis Ahli Muda Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mega Ardiana)

BAWASLU_BATENG, KOBA - Dalam rangka meningkatkan tata kelola arsip dan tata naskah dinas di lingkungan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Bateng, Bawaslu Kabupaten Bateng laksanakan Rapat Kerja Teknis pada Minggu hingga Selasa (18-20/06/2023) di Soll Marina Hotel and Conference Center Bangka Tengah.

Dalam pembukaan rapat kerja teknis ini Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bateng, Win Iskandar menegaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar Bawaslu Kabupaten Bateng dan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bateng dapat menata arsip dengan baik dan rapi.

"Arsip sangat penting sebagai rekam jejak menjalankan organisasi. Jika arsip berantakan bearti organisasi juga berantakan, jika arsipnya rapi maka organisasi akan berjalan dengan baik," tuturnya.

"Arsip mesti disimpan di tempat yang aman dan mudah di cari agar dapat terjaga dan memudahkan jika sewaktu-waktu diperlukan," tambah Win.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto menyampaikan bahwa lembaga pemerintahan memiliki tugas untuk mengelola arsip dengan baik.

"Salah satu tugas kita terhadap arsip adalah merawat, melakukan retensi dan melakukan penghapusan terhadap arsip yang sudah lewat masanya," ujarnya.

Lebih lanjut Robianto juga menyampaikan bahwa arsip adalah nyawa dari lembaga.

"Ketika ada sengketa proses, yang akan menjawab adalah arsip kita. Jangan anggap remeh arsip, karena berbicara arsip bearti kita berbicara administrasi di dalamnya. Melalui administrasi akan menjembatani komunikasi dan memindahkan tanggungjawab," imbuhnya.

"Untuk itu rekan-rekan semua mohon dengan sangat hari ini kita berpikir administrasi menjadi yang utama. Mulai sekarang perhatikan administrasi secara detail sebagai bentuk tanggungjawab dan amanah," tutup Robianto sembari membuka kegiatan rapat kerja teknis secara resmi.

Sumber : Humas Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah

Tag
BERITA