Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU BATENG AWASI VERIFIKASI FAKTUAL SALINAN IJAZAH BAPASLON BUPATI DAN WAKIL BUPATI

Hatika mengawasi verifikasi faktual salinan ijazah Bapaslon

Anggota Bawaslu Bateng, Hatika melakukan pengawasan verifikasi faktual salinan ijazah salah satu Bapaslon di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 3 Jakarta (02/09/2024)

BAWASLU-BATENG, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) awasi pelaksanaan verifikasi faktual berkas salinan ijazah Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bateng pada Pilkada Serentak Tahun 2024. Pengawasan ini dilakukan untuk melihat apakah benar berkas salinan ijazah Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bateng sudah valid atau tidak.

Ketua Bawaslu Bateng, Marhaendra Yuliansyah yang melakukan pengawasan verifikasi faktual salinan ijazah salah satu Bapaslon di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Pertiba Pangkalpinang pada Selasa (03/09/2024) menyampaikan bahwa verifikasi faktual ini dilakukan langsung dengan menemui pihak sekolah yang bersangkutan untuk memastikan keabsahannya. "Pelaksanaan verifikasi faktual dilakukan langsung ditempat Bapaslon menempuh pendidikan untuk memastikan secara langsung yang bersangkutan benar atau tidak pernah menempuh pendidikan di sekolah tersebut," ujarnya.

Sementara itu Anggota Bawaslu Bateng, Hatika yang melakukan pengawasan verifikasi faktual salinan ijazah salah satu Bapaslon di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 3 Jakarta (02/09/2024) menyampaikan bahwa pelaksanaan verifikasi faktual dilakukan terhadap seluruh salinan ijazah dari setiap Bapaslon sesuai dengan salinan ijazah yang disampaikan sewaktu pendaftaran. "Pelaksanaan verifikasi faktual ini dilakukan untuk setiap salinan ijazah Bapaslon dengan jadwal yang telah ditetapkan," imbuhnya.

Ditempat yang berbeda Anggota Bawaslu Bateng, Muhammad Tamimi yang melakukan pengawasan verifikasi faktual salinan ijazah di Universitas Trisakti (02/09/2024) menyampaikan bahwa Pengawasan verifikasi faktual ini dilakukan oleh 8 tim. "Dibentuk 8 tim untuk mengawasi setiap verifikasi faktual salinan ijazah Bapaslon yang dilakukan ditempat yang berbeda," lanjutnya.

Kepala Sekretariat Bawaslu Bateng, Win Iskandar yang mengawasi verifikasi faktual di Universitas Muhammadiyah Jakarta (02/09/2024) menyampaikan bahwa salah satu fokus pengawasan verifikasi faktual ini adalah dengan melihat legalitas salinan ijazah. "Pengecekan dilakukan untuk memastikan bahwa salinan ijazah ini asli atau tidak dengan mengkonfirmasi nomor legalisirnya sesuai atau tidak," tuturnya.

Selain itu, pelaksanaan pengawasan verifikasi faktual juga dilakukan di 4 tempat pendidikan lainnya. Di Universitas PGRI Palembang, SMAN 1 Pangkalpinang, SMAN 2 Pangkalpinang dan SMKN 2 Pangkalpinang.

Penulis dan Foto: Riduwan 

Editor: Muhammad Tamimi